Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh MOdel Pembelajaran  Quantum Theaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Hasanudin Clumprit Kabupaten Malang

Electronic Resource

Pengaruh MOdel Pembelajaran Quantum Theaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Hasanudin Clumprit Kabupaten Malang

Leny Nur Elisa - Nama Orang; Dr. Ninik Indawati, M.Pd. - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, S.S., M.Pd - Nama Orang;

Kegiatan pembelajaran IPA di jenjang Sekolah Dasar seringkali mengalami banyak kendala sehingga berdampak pada penurunan hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Hasanuddin Clumprit Kabupaten Malang
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pre-test dan post-test One group design. Populasi penelitian 51 siswa, kelas VA sejumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas VB sejumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Sampel penelitian seluruh anggota kelas VA dengan jumlah 22 siswa dan VB dengan jumlah 29 siswa, sampel dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen diasumsikan memiliki karakteristik yang sama, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pre-test dan post-test. Data yang diperoleh berasal dari pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 < 0,050 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Hasanuddin Clumprit Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran IPA yang pembelajarannya menggunakan model Quantum Teaching dan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional.


Ketersediaan
21321656SB/2020KKI 372 ELI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ELI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xi,111Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Model Pembelajaran Quantum Teaching
Hasil Belajar IPA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik