Electronic Resource
Pengaruh MOdel Pembelajaran Quantum Theaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Hasanudin Clumprit Kabupaten Malang
Kegiatan pembelajaran IPA di jenjang Sekolah Dasar seringkali mengalami banyak kendala sehingga berdampak pada penurunan hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Hasanuddin Clumprit Kabupaten Malang
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pre-test dan post-test One group design. Populasi penelitian 51 siswa, kelas VA sejumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas VB sejumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Sampel penelitian seluruh anggota kelas VA dengan jumlah 22 siswa dan VB dengan jumlah 29 siswa, sampel dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen diasumsikan memiliki karakteristik yang sama, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pre-test dan post-test. Data yang diperoleh berasal dari pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 < 0,050 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Hasanuddin Clumprit Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran IPA yang pembelajarannya menggunakan model Quantum Teaching dan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional.
21321656SB/2020 | KKI 372 ELI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain