Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) Berbantuan Media Konkret Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Terhadap Hasil Belajar Siswa

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) Berbantuan Media Konkret Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Terhadap Hasil Belajar Siswa

Vinsensius Jumur - Nama Orang; Muhammad Nur Hudha, M.Pd - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, SS., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini berlatar belakang adanya pendidik yang kurang tepat dalam memilih model pembelajaran dan media yang kurang menarik sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan media konkret terhadap hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonsari 02 Malang tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 64 siswa dengan rincian 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes (pre-test dan post-test). Hasil Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas butir soal, uji reliabilitas butir soal dan uji kesukaran soal, uji normalitas uji homogenitas dan
uji hipotesis dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan media konkret. Hasil belajar kognitif menunjukan nilai t > t (4, 0672 > 1,998) dengan signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Hasil belajar afektif menunjukan nilai t > t (3,594 > 1,998) dengan signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil belajar psikomotorik menujukan nilai t > t (4,905 > 1,998) dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan media konkret memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.


Ketersediaan
2132163/SB/2020KKI 372 JUM p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 JUM p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 160Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
hasil belajar.
Skripsi
Media Konkret
Question Student Have (QSH)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik