Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Elimination Games Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 8 Cibal
Model pembelajaran matematika di SMP Negeri 8 Cibal yang sering digunakan guru adalah metode ceramah. Guru cenderung hanya mengajarkan materi tanpa melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. Saat pembelajaran guru cenderung tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan kurang memberi motivasi, sehingga peserta didik kurang antusias dalam proses pembelajaran dan minat peserta didik dalam belajar matematika rendah. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dan Elimination Games. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Elimination Games adalah model pembelajaran yang membagikan peserta didik dalam kelompok secara heterogen dan terdapat permainan yang membantu semangat peserta didik dalam menyelesaikan soal agar bisa mengeliminasi temannya serta adanya perlombaan antara kelompok untuk mendapatkan skor terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Elimination Games yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 8 Cibal pada materi segitiga dengan jumlah peserta didik 30 orang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti sebagai partisipan penuh dengan dibantu oleh guru mata pelajaran matematika sebagai observer. Cara pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi, ketekunan pengamatan dan pemeriksaan teman sejawat.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan pada siklus I minat belajar peserta didik berdasarkan angket respon peserta didik berada pada kategori baik dengan persentase 70% dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik dengan persentase 81,57%. Berdasarkan penelitian dikatakan bahwa penerapan model teams games tournament dan elimination games dapat meningkat minat belajar peserta didik. Tercapainya hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut 1) persiapan, 2) penyajian materi, 3) diskusi kelompok, 4) elimination games, 5) tournament, 6) pemberian penghargaan, 7) kesimpulan, 8) penutup.
2132158/SB/2020 | KKI 510 AVI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain