Electronic Resource
Efektifitas Teknik Self Management Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademi Pada Siswa Kelas X TKR SMK YP 17 Blitar
Prokrastinasi akademik merupakan sebuah perilaku menunda-nunda mengerjakan atau menyelesaikan sebuah tugas akademik. Teknik Self Management merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk melatih kemampuan mengelola diri sendiri dalam mengatur pola penyelesaian tugas akademik sehingga peserta didik dapat berhasil memenuhi terget yang ingin di capai secara mandiri. Konseling kelompok adalah suatu proses antar pribadi yang dinamis yang memusatkan diri pada pikiran dan perilaku yang sadar serta melibatkan fungsi-fungsi terapi seperti sifat permisif, orientasi pada kenyataan, katarsis, saling pengertian, saling menerima dan saling membantu yang dilakukan dalam situasi kelompok.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah teknik self management dalam konseling kelompok efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas X TKR SMK YP 17 Blitar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR di SMK YP 17 Blitar berjumlah 8 siswa yang memiliki skor prokrastinasi akademik tinggi. Instrumen dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif dengan menggunakan uji wilcoxon.
Hasil analisis data sebelum dan sesudah memperoleh treatment self management dalam konseling kelompok tingkat prokrastinasi siswa rata-rata adalah 180 sedangkan setelah memperoleh treatment self management dalam konseling kelompok rata-rata prokrastinasi akademik siswa sebesar 96, terjadi penurunan prokrastinasi akademik pada setiap siswa setelah diberikan treatment. Hasil uji wilcoxon menunjukkan angka sig.(2-tailed) 0,012 < 0,05 artinya H₀ diterima, bisa disimpulkan bahwa teknik self managemen dalam konseling kelompok efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa.
Kesimpulan penelitian bahwa teknik self management dalam konseling kelompok efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas X TKR SMK YP 17 Blitar. Saran bagi konselor agar mengembangkan teknik ini dengan lebih baik. Diharapkan pula penelitian ini dapat dikaji lebih dalam guna mendapatkan hasil yang optimal di penelitian selanjutnya.
2132150/SB/2020 | KKI 347.4 NIN e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain