Electronic Resource
Analisis Kemampuan Berbahasa Siswa Segugus Lebakharjo Kecamatan Ampel Gading
Fungsi bahasa adalah untuk berkomunikasi. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, ada empat kemampuan berbahasa yang harus dikuasai yaitu kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat kemampuan tersebut merupakan satu kesatuan yang saling mendukung dalam berkomunikasi.
Agar komunikasi seorang siswa lancar, maka keempat kemampuan berbahasa tersebut harus dilatihkan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana kemampuan berbahasa siswa segugus Lebakharjo Kecamatan Ampelgading dan faktor apa yang mempengaruhi kemampuan berbahasa siswa,
sehingga sekolah dan orang tua dapat bekerjasama untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN segugus Lebakharjo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif yang diuji dengan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa paling tinggi adalah SDN 02 Lebakharjo dengan rata-rata 78% kategori Baik (B) dan yang memiliki kemampuan berbahasa terendah adalah SDN 05 Lebakharjo dengan rata-rata 67% kategori Cukup (C). Faktor utama yang mempengaruhi kemampuan berbahasa siswa adalah faktor lingkungan tempat tinggal siswa.
2132145/SB/2020 | KKI 372 KAR a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain