Electronic Resource
Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Siswa Agar Menjadi Warga Negara Yang Baik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Ngoro Kec Ngoro Kab Mojokerto Tahun Ajaran 2018 2019
Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan dari pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntutan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, piker, raga, serta rasa dan karsa. Penelitian ini mendiskripsikan tentang upaya pengembangan pendidikan karakter untuk membentuk siswa agar menjadi warga Negara yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dan menggunakan teknik triagulasi untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa upaya pengembangan di dalam pembelajaran dalam silabus belum dicantumkan, tapi pada pengembangan RPP dan proses pembelajaran sudah dimasukkan nilai-nilai karakter (nilai religius, jujur, toleransi, disiplin dan tanggung jawab). Dalam usaha yang dilakukan oleh sekolah untuk mengembangkan nilai-nilai karakter bagi siswanya yakni dengan menggunakan strategi-strategi pengembangan nilai-nilai karakter. Untuk Strategi yang digunakan oleh sekolah antara lain yakni strategi pemanduan, penegakan disiplin, serta traith of the month. Upaya pengembangan pendidikan karakter pada pengintegrasian dalam budaya sekolah yang dilakukan dengan kegiatan kelas (nilai toleransi), sekolah (nilai religius) dan luar sekolah /ekstrakurikuler (nilai tanggung jawab). Bentuk dukungan kepala sekolah meliputi pemodelan (modeling), pengajaran (teaching) dan penguatan karakter (reinforcing). Bentuk dukungan guru ialah dengan memasukkan nilai karakter dalam proses pembelajaran, serta pembiasaan karakter di kelas.
2132142/SB/2020 | KKI 371.114CAT u/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain