Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Dalam Belajar Reciprocal Teching Mathematics Di Smp Negeri 5 Malang

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Dalam Belajar Reciprocal Teching Mathematics Di Smp Negeri 5 Malang

Hamidatul Hakimah - Nama Orang; Tri Candra Wulandari, M.Pd. - Nama Orang; Dra.Retno Marsitin, M.P.d. - Nama Orang;

Belajar mandiri memiliki manfaat yang banyak terhadap kemampuan kognisi, afeksi, dan psikomotorik peserta didik. Manfaat tersebut salah satunya adalah berpikir kritis. Kebiasaan berpikir kritis harus ditanamkan sejak usia dini sehingga akan melibatkan peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Reciprocal Teaching Mathematics dengan langkahlangkah: (1) Mengelompokkan peserta didik dan diskusi kelompok; (2) Membuat pertanyaan; (3) Menyajikan hasil kerja kelompok; (4) Mengklarifikasi permasalahan; (5) Memberikan soal latihan yang memuat soal pengembangan; (6) Menyimpulkan materi yang dipelajari.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII G sebanyak 26 peserta didik diambil dengan cara memeriksa hasil pekerjaan peserta didik berdasarkan skor yang diperoleh sampai didapat jawaban yang sama, kemudian diwakili oleh 9 peserta didik berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah, dengan masing-masing 3 peserta didik untuk dijadikan subjek wawancara. Prosedur pengumpulan data pada dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data dengan tahapan mengoreksi atau menganalisis hasil tes yang mengacu pada indikator berpikir kritis yang digunakan yaitu: (1) Interpretasi; (2) Analisis; (3) Evaluasi; (4) Inferensi.
Setelah itu, dikategorikan untuk mewakili peserta didik yang dijadikan subjek wawancara, kemudian hasil tes ditransformasikan pada catatan sebagai bahan wawancara, dan hasil wawancara disederhanakan menjadi susunan bahasa yang baik dan rapi. Setelah direduksi, data disajikan dengan bentuk teks naratif. Data yang disajikan meliputi: (1) Hasil tes; (2) Hasil wawancara; (3) Observasi. Selanjutnya penarikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis yang telah dikumpulkan, sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi metode yaitu dengan cara membandingkan data dari hasil tes, hasil wawancara, dan observasi.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Hasil validasi soal dari validator yaitu soal valid dengan skor rata-rata 38 dan dapat digunakan tanpa revisi; (2) Hasil tes menunjukkan 4 peserta didik pada kemampuan tinggi, 15 peserta didik pada kelompok kemampuan sedang, dan 7 peserta didik pada kelompok kemampuan rendah; (3) Rata-rata peserta didik mampu dalam menjawab soal tes sesuai dengan indikator berpikir kritis, antara lain: kemampuan peserta didik dalam menginterpretasi menghasilkan rata-rata persentase sebesar 85,2%, menganalisis sebesar 44,4%, mengevaluasi sebesar 25,9%, dan menginferensi sebesar 33,3%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran Reciprocal Teaching Mathematics yaitu sedang karena mendapatkan nilai rata-rata sebesar 67,3%. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika.


Ketersediaan
2132138/SB/2020KKI 510 Hak a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 HAM a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
ix,111Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Kemampuan Berpikir Kritis
Skripsi
Pendidikan Matematika
Reciprocal Teaching Mathematics
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik