Electronic Resource
Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A Di Tk Trisula 1 Perwari Singosari
Salah satu aspek perkembangan kognitif yaitu kemampuan mengenal lambang bilangan. Kemampuan mengenal lambang bilangan perlu distimulasi sejak dini. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelompok A TK Trisula 1 Perwari Singosari bahwa dalam pembelajaran sehari-hari sebagian besar anakmasih mengalami kendala dalam mengenal lambang bilangan 1-10. Metode pembelajaran yang hanya berpusat kepada guru serta media yang kurang menarik karena hanya menggunakan LKS menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi membosankan bagi anak-anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan pop up book sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 di TK Trisula 1 Perwari Singosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Dick and Carey. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 di TK Trisula 1 Perwari Singosari. Metode pengumpulan data dengan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan validasi dan uji coba, presentase sebagai berikut: ahli produk 90 %, ahli materi 96,29 % dan uji coba lapangan tahap I 78,57 %, uji tahap II 81,25 % dan uji tahap III 81,55 %. Berdasarkan hasil uji kelayakan dapat disimpulkan bahwa media pop up book mengenal lambang bilangan 1-10 sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan.Disarankan kepada guru atau peneliti selanjutnya agar membuat media ini dengan ukuran yang lebih besar agar terlihat jelas saat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
2132136/SB/2020 | KKI 372 BID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain