Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Fisika

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Fisika

Erti Zuba - Nama Orang; Dr. Nurul Ain, M.Si - Nama Orang; Akhmad Jufriadi, S. Si., M. Si - Nama Orang;

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP PGRI 6 Malang dikelas VIIIC, bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah dengan pendekatan konvensional (ceramah). Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa dan keterampilan proses sains yang dimiliki siswa rendah. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan perubahan terhadap pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini, peneliti menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP PGRI 6 Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I membahas tentang materi tekanan pada zat cair dan tekanan hidrostatis sedangkan siklus II membahas tentang hukum Archimedes dan hukum pascal. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di kelas VIIIC SMP PGRI 6 Malang Subjek dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 62,96% menjadi 96,29% pada siklus II. Sedangkan keterampilan proses sains meningkat dari siklus I yaitu 60,24% menjadi siklus II 88,53%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 60,43%, pada siklus I sebesar 68,34% sedangkan pada siklus II mencapai 78,14%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar Fisika siswa kelas VIIIC SMP PGRI 6 Malang.


Ketersediaan
2132127/SB/2020KKI 530 ZUB p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ZUB p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
ix, 164 Hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Keterampilan Proses Sains
Skripsi
Pendekatan Inkuiri Terbimbing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik