Electronic Resource
Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Roda Pecahan Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas III SDN Tamanharjo 01 Singosari
Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media roda pecahan sangat efektif digunakan untuk materi operasi hitung pecahan karena media tersebut menunjukkan secara konkret bentuk pecahan yang sebenarnya melaui bimbingan dan arahan guru dengan menggunakan model inkuiri termbimbing, yakni dengan tahapan mengumpulkan data menguji hipotesis melalui media roda pecahan, kemudian menyampaikan hasil pengujian dan siswa dapat menyimpulkan konsep yang telah ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Tamanharjo 01 Singosari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Quasi exsperimen. Analisis
penelitian menggunakan desain penelitian ini adalah Pretest and Postest only control group design. Analisis penelitian menggunakan Uji hipotesis Independet sampel T-Test dengan taraf signifinakansi 5%. Berdasarkan hasil uji T-Test menunjukkan nilai sig.2 (tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga diterima dan ditolak. Dapat disimpulakan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media roda pecahan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing. Sehingga media roda pecahan media roda pecahan dapat digunakan oleh siswa kelas III dalam pembelajaran matematika pada model inkuiri terbimbing.
2132116/SB/2020 | KKI 372 MAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain