Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadapm Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Wonokerto 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. (2) hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. (3) pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Quasy Eksperiment. Penelitian ini dilakukan di SDN Wonokerto 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang pada bulan April 2017 dengan sampel penelitian siswa kelas III SDN Wonokerto 01 tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 42 siswa. Kelas IIIa sejumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas IIIb sejumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Data yang dikumpulkan berasal dari data hasil belajar siswa pretest dan posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test menggunakan SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil analisis pretest sebelum penerapan pembelajaran dengan nilai sig 0,164>0,05 yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan pada kedua kelas. (2) Hasil posttest dengan nilai sig 0,000
2132113/SB/2020 | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain