Electronic Resource
Pengaruh Media Tangram Pada Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Matematika Kelas IV Di SDN Bandungrejosari 03 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tangram pada model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Bandungrejosari 03 Malang. Pada penelitian ini memiliki beberapa permasalahan yakni (1) siswa belum memahami konsep bangun datar, (2) siswa hanya menghafal rumus, (3) pembelajaran tidak menggunakan media dan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desaign. Sampel penelitian ini ialah kelas 4A sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas 4B sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument berupa tes dan pengumpulan data menggunakan pretest serta posttest. Analisis data penelitian menggunakan uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% berbantuan SPSS 21 For Windows. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikan (sig) sebesar 0.01 kurang dari 0.05 maka dapat disimpulkan ha diterima. Sehingga ada pengaruh penggunaan media tangram pada model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SDN Bandungrejosari 03 Malang. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan media tangram pada model Make A Match saat menyampaikan materi bangun datar.
2132110/SB/2020 | KKI 372 FAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain