Electronic Resource
Efektivitas Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas X NU Donomulyo
Keterampilan komunikasi adalah kemampuan seseorang dalam menyampaikan pendapat maupun informasi secara baik, benar dan jelas sehingga memiliki pengertian yang sama dengan penerima informasi. Dalam penyampaian dan penerimaan informasi seseorang harus mempunyai keterampilan mendengar, keterampilan berbicara dan keterampilan verbal maupun non verbal.
Pada kenyataannya siswa tidak mempunyai keterampilan komunikasi tinggi, siswa tidak percaya diri dengan pendapatnya, siswa sulit terbuka dengan pertanyaannya, siswa tidak dapat menciptakan komunikasi yang akrab siswa lainnya, kelainan fisik yang tidak dapat menunjang komunikasi dan pengetahuan yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik homeroom dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas X SMK NU Donomulyo.
Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan bentuk desain one-group pretest-postest design. Sampel penelitian adalah 9 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling, kriteria yang diinginkan yaitu siswa yang memiliki tingkat keterampilan komunikasi rendah yang diperoleh dari hasil pretest. Metode penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala keterampilan komunikasi yang didukung dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik homeroom efektif terhadap peningkatan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dilihat dari hasil pretest dan posttest yang mengalami peningkatan. Dari hasil pretest diperoleh hasil 9 siswa pada kategori rendah, pada posttest diperoleh hasil 5 siswa pada kategori tinggi karena siswa merasa nyaman dan menjadi terbuka saat mengikuti kegiatan homeroom dan 4 siswa pada kategori sedang dikarenakan beberapa faktor seperti ketidakseriusan siswa mengikuti kegiatan dan yang memiliki pendengaran yang kurang menyebabkan siswa tersebut tidak terlalu signifikan mengalami perubahan keterampilan komunikasi setelah mengikuti kegiatan homeroom. Hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil Uji Wilcoxon dimana nilai Z sebesar -2,666 dan signifikasi p-value sebesar 0,008
2132107/SB/2020 | KKI 371.4 PRI e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain