Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X-2 Sma Negeri 1 Bululawang Kabupaten Malang
Hasil observasi di kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Bululawang, kabupaten Malang diketahui minat dan hasi belajar siswa masih rendah. Bukti rendahnya minat belajar siswa di kelas dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar di kelas X IPS 4 mata pelajaran IPS geografi dengan presentase ketuntasan 30% kategori kurang baik maka peneliti menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Bululawang melalui model pembelajaran Numbered Heads Together.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa pada siklus I presentase minat belajar 23% kategori kurang berminat, sedangkan presentase hasil belajarnya 70% kategori baik. Untuk siklus II presentase minat 27% kategori berminat sedangkan presentase hasil belajar 90% kategori sangat baik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Toggether dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru Geografi SMA Negeri 1 Bululawang agar menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, diharapkan dapat dilakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal.
2132102/SB/2020 | KKI 910 AND p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain