Electronic Resource
Keefektifn Teknik Sinema Edukasi Untuk Mengingkatkan Perencanaan Karier Siswa Kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir
Perencanaan karier merupakan proses atau tahapan seseorang dalam menentukan arah dan tindakan dalam menentukan pilihan mereka dimasa depan. Perencanaan karier siswa yang matang merupakan faktor penentu keberhasilan siswa dimasa depan. Dengan perencanaan karier yang matang akan memudahkan siswa menentukan cita-cita yang akan mereka ambil dimasa depan. Semakin tinggi kemampuan siswa dalam merencanakan karier maka akan semakin jelas tujuan yang akan di capai dari siswa tersebut. Oleh karena itu dengan pemberian teknik sinema edukasi dapat mempengaruhi dan merubah cara pandang siswa tentang perencanaan karier serta memberikan pengaruh-pengaruh positif terhadap perencanaan karier siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas sinema edukasi dalam meningkatkan perencanaan karier siswa kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif preeksperimental dengan jenis “one group pre-test and post-test design.”Pelaksanaan rancangan penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan perlakuan kepada kelompok subjek melalui pemberian pretest berupa skala perencanaan karier dan treatment berupa teknik sinema edukasi dan diakhiri dengan pemberian post test menggunakan skala perencanaan karier. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Siswa yang memiliki perencanaan karier rendah sebanyak 10 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan SPSS 22.0 for Windows
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir meningkat dari sebelum pemberian treatmen dan sesudah pemberian tritmen teknik sinema edukasi. Berdasarkan hasil uji test satistik uji Wilcoxon Z hitung adalah -2.805 dan Sig (2-tailed) adalah 0,005. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Sig.(2 tailed) adalah 0,005 < 0,05 artinya teknik sinema edukasi efektif untuk meningkatkan perencanaan karier siswa kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir.
Saran dari penelitian ini adalah penerapan teknik sinema edukasi dapat menjadi alternatif bagi praktisi bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan untuk meningkatkan perencanaan karier siswa. Penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan bagi peneliti lain dan praktisi bimbingan dan konseling dalam melakukan penelitian serupa yang bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karier siswa.
2132099/SB/2020 | KKI 371.4 ANG k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain