Electronic Resource
Efektivitas Teknik Role Play Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Islam Diponegoro Wagir
Keterampilan komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi secara verbal maupun non verbal yang dilakukan dengan tatap muka dan dapat terjadi suatu interaksi antara individu dengan individu lain. Oleh karena itu setiap individu memerlukan kemampuan untuk berkomunikasi dengan individu lain khususnya keterampilan komunikasi interpersonal agar individu tersebut tidak mengalami hambatan saat berkomunikasi. Jadi perlu diberikan sebuah teknik role play dimana teknik ini dapat mengoptimalkan potensi siswa dengan memerankan drama sesuai dengan tokoh yang telah ditentukan untuk melatih siswa dalam berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik role play untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif pre eksperimen dengan jenis one group pre-test and post-test dengan menggunakan analisis data uji Wilcoxon. Subjek dalam penelitian ini adalah ketigabelas siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Wagir. Penentuan subjek dalam penelitian ini berdasarkan hasil pre-test skala keterampilan komunikasi interpersonal yang rendah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Wagir meningkat dari kategori rendah menjadi sangat tinggi setelah pemberian treatment menggunakan teknik role play. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 artinya teknik role play efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMP Islam Diponegoro Wagir.
Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa teknik role play efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Wagir. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan waktu pemberian treatment di perpanjang agar hasil layanan bimbingan kelompok teknik role play lebih maksimal dan menggunakan kelas kontrol untuk membandingkan tingkat keberhasilan dalam pemberin treatment.
2132098/SB/2020 | KKI 371.4 HAR e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain