Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Segitiga Pada Siswa Kelas V SDN Sengguruh
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang kurang menarik, belum tersedianya LKPD matematika yang terdapat informasi kebudayaan di dalamnya. Guru cenderung memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sudah tersedia tanpa ada pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan peneliti termasuk pada penelitian pengembangan, dan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba adalah 19 siswakelasV SDN Sengguruh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan praktisi (guru), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dengan kriteria: a) Layak dengan perolehan presentase sebesar 90,9%; b) Praktis dengan perolehan presentase sebesar 96,4%dan 93%; c) efektif dengan perolehan nilai rata-rata 80. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Etnomatematika materi bangun datar dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi criteria layak, praktis, dan efektif. Sehingga, Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Etnomatematika dapat bermanfaat dan memudahkan siswa kelas V SDN Sengguruh untuk belajar matematika yang terdapat informasi kebudayaan di dalamnya dan dapat dijadikan referensi guru dalam mengembangkan bahan ajar khususnya LKPD.
2132083/SB/2020 | KKI 372 ANG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain