Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)  Terhadap Minat Dan Presentasi Belajar Tematik siswa Kelas V SDN 6 Dampit

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Minat Dan Presentasi Belajar Tematik siswa Kelas V SDN 6 Dampit

Chusnul Chotimah - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Ratih Kartika Werdiningtiyas M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), 2) perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan 3) interaksi yang terjadi antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V SDN 6 Dampit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain eksperimen. Populasinya pada siswa kelas V SDN 6 Dampit yang berjumlah 50 siswa, sedangkan sampel dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 25 siswa dan kelas VB berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket minat dan tes. Uji instrumen untuk tes adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda. Uji analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap minat dan prestasi belajar tematik siswa kelas V SDN 6 Dampit. Dengan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 76,64 dan kelas kontrol 65,08 analisis data kedua kelas menggunakan uji Manova diperoleh hasil signifikan (sig) sebesar 0,000 maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap minat dan prestasi belajar tematik siswa kelas V SDN 6 Dampit.
Dengan adanya model Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada guru mengenai penerapan model pembelajaran seperti model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat menumbuhkan minat dalam diri siswa sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.


Ketersediaan
2132065/SB/2019KKI 372 CHO p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 CHO p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiiii, 144hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Minat
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik