Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Minat Dan Presentasi Belajar Tematik siswa Kelas V SDN 6 Dampit
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), 2) perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan 3) interaksi yang terjadi antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V SDN 6 Dampit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain eksperimen. Populasinya pada siswa kelas V SDN 6 Dampit yang berjumlah 50 siswa, sedangkan sampel dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 25 siswa dan kelas VB berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket minat dan tes. Uji instrumen untuk tes adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda. Uji analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap minat dan prestasi belajar tematik siswa kelas V SDN 6 Dampit. Dengan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 76,64 dan kelas kontrol 65,08 analisis data kedua kelas menggunakan uji Manova diperoleh hasil signifikan (sig) sebesar 0,000 maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap minat dan prestasi belajar tematik siswa kelas V SDN 6 Dampit.
Dengan adanya model Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada guru mengenai penerapan model pembelajaran seperti model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat menumbuhkan minat dalam diri siswa sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
2132065/SB/2019 | KKI 372 CHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain