Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Hasil Belajar siswa Yang diajar Dan Tidak Diajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Teknik Bertukar Pasangan Kelas V SDN Sempalwadak Bululawang tahun ajaran 2017/2018

Electronic Resource

Perbedaan Hasil Belajar siswa Yang diajar Dan Tidak Diajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Teknik Bertukar Pasangan Kelas V SDN Sempalwadak Bululawang tahun ajaran 2017/2018

Yosefin Okta Clarit - Nama Orang; Nury Yuniasih, S. Pd.,M.Pd - Nama Orang; Dra. Sri Rahayu, S.Pd.,M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti, terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan pembelajaran IPA yaitu proses cerama dan penguasaan saja sehingga siswa tidak bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini mengakibatkan kelas cenderung pasif, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka salah satu upaya adalah dengan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu menerapkan model pembelajaran teknik bertukar pasangan. Penelitian ini dilaksanakan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajar dan tidak diajar dengan menerapkan model pembelajaran teknik bertukar pasangan terhadap hasil belajar kelas V SDN Sempalwadak Kecamatan Bululawang.
Karakteristik materi IPA memiliki banyak teori dan konsep yang sangat penting untuk dipahami oleh siswa. Pembelajaran IPA merupakan suatu mata pembelajaran yang mempelajari alam sekitar melalui pengalaman langsung tempat siswa itu hidup. Namun, kendala yang dialami guru salah satunya yaitu, pembelajaran yang kurang mendapatkan respon dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar dan tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran teknik bertukar pasangan siswa kelas V.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian ini mempunyai dua kelompok subjek, yaitu kelompk eksperimen (perlakuan) dan kelompok kontrol. Jumlah sampel penelitian 44 siswa terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control desaign, dan sebagai analisisnya untuk pengujian hipotesisnya menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa “Ada perberdaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa yang diajar dan tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran teknik bertukar pasangan. Diperoleh nilai signifikannya (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol yang diperoleh siswa sebesar 65,45 dan meningkat menjadi 74,5 pada postest. Sedangkan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 67,7 dan terjadi peningkatan yang cukup besar menjadi 85,9. Jumlah peningkatan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen melampaui kelas kontrol dari hasil postest.


Ketersediaan
2132053/SB/2019KKI 372 CLA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 CLA p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xii, 130Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Pembelajaran Ipa
Teknik Bertukar Pasangan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik