Electronic Resource
Analisis Pendekatan Scientific Dalam Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN TanjungRejo 2 Malang
Pendekatan scientific adalah pembelajaran yang dilandasi ilmiah dalam pembelajaran yang diorientasikan guna membina kemampuan siswa memecahkan masalah melalui aktivitas inkuiri yang menuntut kemampuan berpikir kritis, kreatif dan komunikasi dalam upaya meningkatkan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis pelaksanaan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran tematik terpadu kelas V di SDN Tanjungrejo 2 Malang, serta faktor pengaruh dan penghambat pendekatan scientific dalam proses pembelajaran tematik terpadu tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif naratif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang tahun ajaran 2018/2019 dan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan dengan pedoman observasi dan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang sudah baik. Pelaksanaan pendekatan scientific yang dilaksanakan oleh guru sudah sesuai dengan langkah-langkah pendekatan scientific dalam proses pembelajaran tematik terpadu yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Kemampuan berpikir ilmiah siswa juga sudah berjalan karena ada pembiasaan dengan pembelajaran scientific. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam menalar, menemukan, hingga mengkomunikasikan suatu materi yang didapat. Siswa juga terlihat lebih antusias, aktif, kreatif, dan semangat untuk terus belajar. Sehingga disimpulkan dengan kreatifitas guru dapat menentukan keberhasilan pembelajaran dengan pendekatan scientific ini. Faktor pendukung ialah buku-buku LKS, buku pegangan guru atau buku guru dan siswa tematik terpadu, dan sumber belajar lainnya, guru yang trampil mengkondisikan suasana kelas, motivasi dan akses kepada guru dan peserta didik untuk menggunakan fasilitas sekolah, kompetensi guru dalam merancang Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) dan keluarga. Faktor penghambat ialah siswa yang lambat menerimadan memahami materi yang diberikan, materi yang terlalu banyak, media, sarana dan prasarana yang masih kurang lengkap.
2132051/SB/2019 | KKI 372 GAL a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain