Electronic Resource
Hubungan Antara Konsep Diri Terhadap sikpa Bullying siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Malang
Sikap bullying adalah perilaku menyimpang yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang yang lebih kuat terhadap orang yang lemah dengan tujuan untuk mengancam, menakuti, atau membuat korbannya tidak bahagia. Konsep diri adalah pandangan,pemahaman/pikiran seseorang terhadap dirinya sendiri. Adapun faktor yang mempengaruhi sikap bullying diantaranya adalah konsep diri. Konsep diri sebagai pusat perilaku individu dalam menghadapi lingkungan sekitar serta bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) konsep diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang (2) sikap bullying pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang (3) ada tidaknya hubungan antara konsep diri dengan sikap bullying siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang dengan jumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 120 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala konsep diri dan skala sikap bullying dengan klasifikasi sangat sesuai, sesuai, tidak sesuai dan sangat tidak sesuai. Pengolahan data menggunakan teknik analisis product moment dengan bantuan SPSS 16 for windows. Alasan menggunakan teknik product moment yaitu untuk mengetahui ada dan tidaknya hubungan antara variabel (X) dengan variabel (Y) dan juga untuk menyatakan besarnya sumbangan variabel satu tehadap yang lainnya yang dinyatakan dalam persen.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Tiga siswa memiliki kategori konsep diri tinggi atau sebesar 2%, seratus tujuh belas siswa memiliki kategori konsep diri sedang atau sebesar 98%, tidak ada siswa yang memiliki konsep diri rendah. (2) untuk sikap bullying sebanyak empat puluh lima siswa memiliki sikap bullying tinggi sebesar 37%, tujuh puluh lima siswa memiliki kategori sikap bullying sedang sebesar 63%, dan tidak ada siswa yang memiliki sikap bullying rendah. Dari hasil uji korelasi product moment r hitung > r tabel (r= 0,428 > 0,177) atau nilai signifikasi < taraf nyata 5% (0,000 < 0,05). Hal ini dapat disimpulkan ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan sikap bullying pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Artinya semakin baik konsep diri maka akan semakin rendah sikap bullying yang muncul begitupun sebaliknya
2132049/SB/2019 | KKI 371.4 PAE h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain