Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Ips Berbasis Ctl Pada Materi Sumber Daya Alam Dan Kegiatanh Ekonomi Kelas IV SD Sebagai Upaya Menggembangkan Keterampilan

Electronic Resource

Pengembangan Modul Pembelajaran Ips Berbasis Ctl Pada Materi Sumber Daya Alam Dan Kegiatanh Ekonomi Kelas IV SD Sebagai Upaya Menggembangkan Keterampilan

Pipit Laila Fitri - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, S.S., M,Pd - Nama Orang; Dwi Agus Setiawan, M.Pd - Nama Orang;

Banyak guru yang belum menggunakan kemampuannya untuk membuat pembelajaran yang menarik. Guru kurang kreatif dalam pemanfaatan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang layak, praktis dan efektif pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi kelas IV SD sebagai upaya mengembangkan ketrampilan sosial. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perencanaan (Desaign), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), tahap evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian meliputi observasi yang dilakukan untuk mengetahui keefektifan untuk ketrampilan sosial, angket untuk mengetahui kelayakan produk, kepraktisan produk. Subjek uji coba 10 siswa kelas IV SDN Kedungsalam 01 Kab Malang. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif Berdasarkan hasil validasi, bahwa modul yang dikembangkan layak. Dengan ketercapaian validasi desain 90%, validasi materi 76 % dan validasi bahasa 75%. Tingkat kepraktisan modul oleh guru 91% dan respon siswa 83 %. Hasil keefektifan ketrampilan sosial 3,61 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Ketersediaan
2132041/SB/2019KKI 372 FIT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 FIT p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xii,110Hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Contextual Teaching and Learning
Pembelajaran IPS
Ketrampilan Sosial
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik