Electronic Resource
Pengembangan Modul Pembelajaran Ips Berbasis Ctl Pada Materi Sumber Daya Alam Dan Kegiatanh Ekonomi Kelas IV SD Sebagai Upaya Menggembangkan Keterampilan
Banyak guru yang belum menggunakan kemampuannya untuk membuat pembelajaran yang menarik. Guru kurang kreatif dalam pemanfaatan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang layak, praktis dan efektif pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi kelas IV SD sebagai upaya mengembangkan ketrampilan sosial. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perencanaan (Desaign), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), tahap evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian meliputi observasi yang dilakukan untuk mengetahui keefektifan untuk ketrampilan sosial, angket untuk mengetahui kelayakan produk, kepraktisan produk. Subjek uji coba 10 siswa kelas IV SDN Kedungsalam 01 Kab Malang. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif Berdasarkan hasil validasi, bahwa modul yang dikembangkan layak. Dengan ketercapaian validasi desain 90%, validasi materi 76 % dan validasi bahasa 75%. Tingkat kepraktisan modul oleh guru 91% dan respon siswa 83 %. Hasil keefektifan ketrampilan sosial 3,61 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) layak digunakan dalam proses pembelajaran.
2132041/SB/2019 | KKI 372 FIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain