Electronic Resource
Pengembangan Buku Bergambar Berbasis Ensiklopedia Pada Materi Struktur Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV Di SD Islam Babadan Wlingi Kabupaten Blitar
Berdasarkan observasi awal di SD Islam Babadan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar dalam pembelajaran IPA tentang struktur bagian tumbuhan dan fungsinya guru hanya menggunakan metode mengajar ceramah sehingga peserta didik kurang begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran dan cenderung melakukan aktifitas yang merugikan peserta didik itu sendiri serta peserta didik lebih suka kegiatan menggambar dari pada mengerjakan penjelasan dari guru.
Peserta didik kurang tertarik dan bosan mengikuti pembelajaran IPA karena cakupan materi terlalu luas dan guru belum optimal dalam menggunakan bahan
ajar yang mendukung dalam pembelajaran IPA. Salah satu bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan mengingat materi tumbuhan dikelas adalah buku
bergambar berbasis ensiklopedia. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan buku bergambar berbasis ensiklopedia.
Jenis penilitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D),Peneliti menggunakan model pengembangan ini mengadaptasi model ADDIE terdiri dari beberapa tahap yang meliputi, tahap Analysis, Design, Developmen, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Babadan Wlingi. Uji coba produk dilakukan di kelas IV SD Islam Babadan Wlingi dengan jumlah 15 siswa. Teknis analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan buku bergambar berbasis ensiklopedia berdasarkan rata-rata hasil validasi oleh materi memperoleh hasil presentase 75% dan validasi oleh ahli bahan ajar memperoleh hasil presentase 91,7%, berdasarkan rata-rata penilaian kelayakan mencapai 83% dengan kategori valid. (2) kepraktisan buku bergambar berbasis ensiklopedia berdasarkan angket calon pengguna (guru kelas IV) memperoleh hasil presentase 75% dan respon siswa memperoleh hasil presentase 83,3%, berdasarkan rata-rata penilaian kepraktisan mencapai 79% dengan kategori valid. Buku bergambar berbasis ensiklopedia ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan perhatian siswa terhadap preses pembelajaran dengan bahan ajar yang menarik dan mengondisikan preses belajar aktif.
2132018/SB/2019 | KKI 372 DWI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain