Electronic Resource
Starter Experiment Approach (SEA) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran fisika Bagi Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 12 Malang
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan penerapan model pembelajaran Starter Experiment Approach (SEA) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas VIII H SMP Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam
dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi atas tindakan yang dilakukan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 12 Malang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan catatan lapangan dan dokumentasi.
Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Pembelajaran fisika menggunakan model SEA, dalam pelaksanaannya terdapat peningkatan keterlaksanaan proses pembelajaran dari siklus I dan siklus II, yakni pada siklus I keterlaksanaan proses pembelajaran siklus I sebesar 76,85% dengan kategori “baik” dan pada siklus II keterlaksanaan proses pembelajaran meningkat sebesar 86,18% dengan kategori “sangat baik” . Persentase hasil keterlaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II tersebut mengalami peningkatan sebesar 9,33%. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keaktifan siswa dari keadaan awal siklus I 79,03% dan siklus II 90,83%. Sedangkan hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan siklus I 76,66% pada siklus II 86,66%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Starter Experiment Approach (SEA) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
2132015/SB/2019 | KKI 530 WIT s/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain