Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Starter Experiment Approach (SEA) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran fisika Bagi Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 12 Malang

Electronic Resource

Starter Experiment Approach (SEA) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran fisika Bagi Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 12 Malang

Witi, Wilfrida Angelina C Miin - Nama Orang; Dr.Sholikhan, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan penerapan model pembelajaran Starter Experiment Approach (SEA) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas VIII H SMP Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam
dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi atas tindakan yang dilakukan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 12 Malang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan catatan lapangan dan dokumentasi.
Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Pembelajaran fisika menggunakan model SEA, dalam pelaksanaannya terdapat peningkatan keterlaksanaan proses pembelajaran dari siklus I dan siklus II, yakni pada siklus I keterlaksanaan proses pembelajaran siklus I sebesar 76,85% dengan kategori “baik” dan pada siklus II keterlaksanaan proses pembelajaran meningkat sebesar 86,18% dengan kategori “sangat baik” . Persentase hasil keterlaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II tersebut mengalami peningkatan sebesar 9,33%. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keaktifan siswa dari keadaan awal siklus I 79,03% dan siklus II 90,83%. Sedangkan hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan siklus I 76,66% pada siklus II 86,66%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Starter Experiment Approach (SEA) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.


Ketersediaan
2132015/SB/2019KKI 530 WIT s/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 WIT s/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
x, 197Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran
Prestasi Belajar
Keaktifan belajar
Skripsi
Starter Experiment Approach (SEA)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik