Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTs Sunan Ampel Poncokusumo Tahun Ajaran 2018 2019

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTs Sunan Ampel Poncokusumo Tahun Ajaran 2018 2019

Lenius Weya - Nama Orang; Yuniar Ika Putri P., M.Pd - Nama Orang; Rosita Dwi F. S.T, S.Pd. M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di MTs Sunan Ampel Ketitang, diperoleh bahwa saat berlangsungnya proses belajar mengajar, perhatian siswa masih kurang. Hal ini mengakibatkan hasil belajar matematika siswa 62,96% atau belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 78. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan model pembelajaran Jigsaw.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran model Jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTs Sunan Ampel Poncokusumo Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah 27 siswa kelas VII A MTs Sunan Ampel Poncokusumo pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan meliputi tes tulis, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dokumentasi dan catatan lapangan, dan analisis data dan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan langkahlangkah pembelajaran Jigsaw adalah siswa dibentuk menjadi beberapa kelompokdengan anggota maksimal 5 siswa tiap kelompok, masing-masing siswa dalam setiap kelompok diberi bagian materi yang berlainan, dan masing-masing siswa dalam kelompok diberi bagian materi yang ditugaskan. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar siswa kelas VII A MTs Sunan Ampel Poncokusumo meningkat dari 62,96% menjadi 85,18%. Persentase aktivitas guru selama pembelajaran meningkat dari 90,21% pada siklus I menjadi 97,82 pada siklus II. Sedangkan persentase aktivitas siswa dari 85% pada siklus I menjadi 96,25% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model Jigsaw pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
2132010/SB/2019KKI 510 WEY p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 LEN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
viii, 125Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
hasil belajar.
Skripsi
Pendidikan Matematika
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik