Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTs Sunan Ampel Poncokusumo Tahun Ajaran 2018 2019
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di MTs Sunan Ampel Ketitang, diperoleh bahwa saat berlangsungnya proses belajar mengajar, perhatian siswa masih kurang. Hal ini mengakibatkan hasil belajar matematika siswa 62,96% atau belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 78. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan model pembelajaran Jigsaw.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran model Jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTs Sunan Ampel Poncokusumo Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah 27 siswa kelas VII A MTs Sunan Ampel Poncokusumo pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan meliputi tes tulis, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dokumentasi dan catatan lapangan, dan analisis data dan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan langkahlangkah pembelajaran Jigsaw adalah siswa dibentuk menjadi beberapa kelompokdengan anggota maksimal 5 siswa tiap kelompok, masing-masing siswa dalam setiap kelompok diberi bagian materi yang berlainan, dan masing-masing siswa dalam kelompok diberi bagian materi yang ditugaskan. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar siswa kelas VII A MTs Sunan Ampel Poncokusumo meningkat dari 62,96% menjadi 85,18%. Persentase aktivitas guru selama pembelajaran meningkat dari 90,21% pada siklus I menjadi 97,82 pada siklus II. Sedangkan persentase aktivitas siswa dari 85% pada siklus I menjadi 96,25% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model Jigsaw pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2132010/SB/2019 | KKI 510 WEY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain