Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terharap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Smp Negeri 17 Malang
Model pembelajaran Think Talk Write merupakan suatu pembelajaran yang mengajak siswa untuk berpikir terhadap permasalahan atau menghasilkan gagasan tertentu sebagai akibat dari ransangan yang diberikan (think), kemampuan untuk menyampaikan dengan lancar dalam mengekspresikan pikiran-pikiran, ide-ide, atau pemecahan masalah (talk), kemampuan untuk menuliskan hasil diskusi atau membuat rangkuman dari hasil diskusinya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap motivasi belajar kelas VII SMP Negeri 17 Malang. Rancangan penelitian ini terdiri dari kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran Think Talk Write, sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran konvesional. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan uji-t yang mengungkapakan sebab dan akibat dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Subyek dlam penelitian ini adalah kelas VII-E sebagai kelas eksperimen yang jumlahnya sebanyak 34 siswa dan kelas kontrolnya adalah VII-H yang jumlahnya 34 siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata gain score motivasi belajar pada kelas eksperimen yaitu 7,67 dan rata-rata gain score motivasi belajar kelas kontrol yaitu sebesar 5,5. Gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil analisis uji Independet kelas kontrol diperoleh nilai t-hitung dengan signifikan 0,000 dan hasil uji t kelas eksperimen diperoleh nilai t-hitung 3.586 dengan signifikan 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara model pembelajaran Think Talk Write dengan metode diskusi dan tanya jawab pada kelas VII SMP Negeri 17 Malang dan ada pengaruh yang signifikan antara Think Talk Write (x) terhadap motivasi belajar siswa (y).
2131999/SB/2019 | KKI 910 HAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain