Electronic Resource
Efektifitas Media lectora Inspire Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Sidodadi 04 Kabupaten Malang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu semakin pesat dan canggih didukung pula oleh arus globalisasi yang semakin hebat. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah motivasi, untuk meningkatkan motivasi perlu adanya media pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi mereka agar antusias dalam menjalani proses pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik malas dan kurang tertarik
mempelajari materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas dalam penggunaan media berbasis Lectora
Inspire terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar kelas IV.
Penelitian ini merupakan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu desain Nonequivalent Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media lectora inspire terhadap motivasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidodadi 04 Kabupaten Malang sejumlah 28 siswa kelas IVA dan 24 siswa kelas IVB. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, angket melalui tahap validitas dan reabilititas. Teknik analisis data menggunakan normalitas, homogenitas, uji t, dan uji indeks gain.
Hasil penelitian penelitian uji hipotesis dengan menggunakan uji t yang sudah dilihat dari hasil analisis data nilai signifikan 0,017 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dan pada hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai rata-rata Ngain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 44,17% termasuk dalam kategori kurang efektif dan untuk kelas kontrol adalah sebesar 42,89% termasuk dalam kategori kurang efektif disebabkan oleh kurangnya antusias siswa pada pembelajaran dan guru kurang mengkondisikan kelas saat pemberian media berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dalam pelaksanaan penggunaan media lectora inspire kurang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
2131995/SB/2019 | KKI 372 HEN e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain