Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Garsi Lurus Berdasarkan Tahapan Polya

Electronic Resource

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Garsi Lurus Berdasarkan Tahapan Polya

Elvis Aldianto Simanjuntak - Nama Orang; Tatik Retno Murniasih, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Tri Candra Wulandari, M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi, masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam mengerjakan soal cerita Persamaan Garis Lurus, oleh karena
itu perlu dilakukan analisis terhadap kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita khususnya materi Persamaan Garis Lurus. Salah satu cara untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita Persamaan Garis Lurus adalah menggunakan tahapan Polya. Terdapat empat langkah tahapan pemecahan masalah oleh Polya, yaitu: a) memahami masalah (understand the problem), b) merancang perencanaan penyelesaian (devise a plan), c) menerapkan rencana pemecahan masalah (carry out the plan), dan d) memeriksa kembali solusi yang diperoleh (look back). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Persamaan Garis Lurus berdasarkan tahapan Polya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP NU Bululawang yang berjumlah 21 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Langkah pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya tes tertulis dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan yaitu Persentase kesalahan tahap memahami masalah (undestanding the problem) sebesar 23%, kesalahan tahap merencakan rencana penyelesaian (devising a plan) sebesar 23%, kesalahan tahap melakukan rencana penyelesaian (carrying out the plan) sebesar 53,8% dan kesalahan tahap memeriksa kembali jawaban (looking back) sebesar 76,9%. Dapat disimpulkan faktor terjadinya kesalahan meliputi tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, salah menentukan rumus penyelesaian, tidak teliti dalam menginput nilai, tidak teliti dalam melihat arah grafik, dan tidak menuliskan kesimpulan diakhir penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan berdasarkan temuan dari hasil penelitian, kesalahan terbanyak yang dilakukan peserta didik yaitu pada tahap memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Oleh karena itu guru diharapkan untuk memberikan penjelasan kepada peserta didik bahwa memeriksa jawaban yang telah diperoleh akan sangat penting sebab hal itu memastikan apakah jawaban yang telah ditemukan sudah benar atau masih ada yang salah.


Ketersediaan
2131976/SB/2019KKI 510 SIM a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 SIM a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiii, 78hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
soal cerita
Analisis kesalahan
Skripsi
tahapan Polya
persamaan garis lurus
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik