Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII Di SMP Islam Hasanuddin Kesamben Blitar

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII Di SMP Islam Hasanuddin Kesamben Blitar

Kharisma Lusiana Kurniawati - Nama Orang; Dr. I Ketut Suastika, M.Si - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, M.Pd - Nama Orang;

Kemampuan berpikir kritis adalah aktifitas berpikir untuk memperoleh pengetahuan agar mampu menemukan solusi suatu permasalahan secara logis dan mendalam. Analisis kemampuan berpikir kritis matematik pada materi aljabar sangat penting dilakukan agar guru mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada materi tersebut setelah dilakukan penelaahan secara seksama pada hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa. Indikator yang digunakan adalah kriteria kemampuan berpikir kritis menurut Pieter A. Facione. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Hasanuddin Kesamben Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Semester Genap.
Teknik pengumpulan data adalah tes dan wawancara. Adapun instrumen penelitian meliputi soal tes kemampuan berpikir kritis siswa, pedoman wawancara, dan lembar validasi soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori rendah sebanyak 6 siswa, kategori sedang sebanyak 4 siswa, dan kategori tinggi sebanyak 2 siswa. Siswa dalam kategori rendah hanya mampu menyelesaikan soal sesuai dengan dua dari enam kriteria kemampuan berpikir kritis matematik. Siswa dalam kategori sedang mampu menyelesaikan soal sesuai dengan empat dari enam kriteria kemampuan berpikir kritis matematik. Siswa dalam kategori tinggi mampu mengerjakan soal tes sesuai dengan kriteria kemampuan berpikir kritis matematik. Hal ini ditunjukkan dari mampu menuliskan kalimat matematika dari soal yang diberikan, kemudian melakukan operasi penjumlahan dengan benar, hingga mampu melakukan koreksi kembali.


Ketersediaan
2131974/SB/2019KKI 510 KUR a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 KUR a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
viii, 95 Hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Analisis
Kemampuan Berpikir Kritis
Skripsi
Operasi Aljabar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik