Electronic Resource
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII Di SMP Islam Hasanuddin Kesamben Blitar
Kemampuan berpikir kritis adalah aktifitas berpikir untuk memperoleh pengetahuan agar mampu menemukan solusi suatu permasalahan secara logis dan mendalam. Analisis kemampuan berpikir kritis matematik pada materi aljabar sangat penting dilakukan agar guru mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada materi tersebut setelah dilakukan penelaahan secara seksama pada hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa. Indikator yang digunakan adalah kriteria kemampuan berpikir kritis menurut Pieter A. Facione. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Hasanuddin Kesamben Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Semester Genap.
Teknik pengumpulan data adalah tes dan wawancara. Adapun instrumen penelitian meliputi soal tes kemampuan berpikir kritis siswa, pedoman wawancara, dan lembar validasi soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori rendah sebanyak 6 siswa, kategori sedang sebanyak 4 siswa, dan kategori tinggi sebanyak 2 siswa. Siswa dalam kategori rendah hanya mampu menyelesaikan soal sesuai dengan dua dari enam kriteria kemampuan berpikir kritis matematik. Siswa dalam kategori sedang mampu menyelesaikan soal sesuai dengan empat dari enam kriteria kemampuan berpikir kritis matematik. Siswa dalam kategori tinggi mampu mengerjakan soal tes sesuai dengan kriteria kemampuan berpikir kritis matematik. Hal ini ditunjukkan dari mampu menuliskan kalimat matematika dari soal yang diberikan, kemudian melakukan operasi penjumlahan dengan benar, hingga mampu melakukan koreksi kembali.
2131974/SB/2019 | KKI 510 KUR a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain