Electronic Resource
Pengaruh Media Pembelajaran Ritatoon Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Pada Kelompok A Di RA Nurul Hidayah Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang
Perkembangan sosial emosional perlu diberikan pada anak sejak usia dini. Dengan perkembangan sosial emosional anak mampu menghargai temannya ketika berada didepan kelas serta diperlukan media pembelajaran. penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk memperjelas pesan yang disampaikan kepada anak, serta membuat pembelajaran lebih bervariasi dan diharapkanpembelajaran yang dilakukan lebih bermakna.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ritatoon terhadap perkembangan sosial emosional anak pada kelompok A di RA Nurul Hidayah Kec. Pakisaji Kab.Malang, Adapun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 22 peserta didik masuk dalam kelas eksperimen.
Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan model quasi exsperiment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, pretest dan postest. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji T, tahap pengujian data ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Secara analisis uji tpada penelitian ini menggunakan SPSS 22.0 For
Windows. dengan taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kemampuan sosial emosional ( tidak berbicara dan mendengarkan temannya ) dari hasil penelitian dengan menggunakan uji t, maka nilai t dilihat dari Mean Difference pada kelompok A dengan nilai pretest sebesar 4,4091 dan nilai posttest 6,1364 dengan signifikan sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Dari hasil tersebut dapat terlihat adanya perbedaan yang signifikan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan berupa media ritatoon.Halini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kesimpulan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media ritatoon terhadap perkembangan sosial emosional peserta didik kelompok A di RA Nurul Hidayah Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Semoga dengan adanya penelitian ini dapat menambah pengetahuan bagi pendidik, dan peneliti selanjutnya.Untuk pendidik agar lebih mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif.
2131969/SB/2019 | KKI 372 SET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain