Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Tematik Subtema Merawat Hewan Kelas II SDN Kebonsari 1 Malang
Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di SDN Kebonsari 1 Malang. Dari penelitian ini di temukan beberapa fakta masalah antara lain: guru hanya menyampaikan materi dengan berkomunikasi tanpa menggunakan media, media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran tematik hanya menggunakan media berupa buku teks yang sudah ada. Guru masih kurang menggunakan media pada saat pembelajaran tematik. Hal ini menyebabkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran tematik kurang aktif sehingga banyak siswa yang bosan mengikuti pelajaran dan salanjutnya akan menyebabkan kurang optimalnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa juga harus ditunjang dengan penggunaan media yang sesuai materi pembelajaran tematik. Berkaitan dengan penggunaan media dalam pembelajaran tematik di SD, peneliti menggunakan media Pop – Up Bookdengan tujuan mengetahui seberapa besar pengembangan media Pop – Up Book terhadap hasil belajar siswa kelas II dengan materi Merawat Hewan di SDN Kebonsari 1 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan dengan metode ADDIE. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pedoman wawancara, angket dan tes hasil belajar. Pengambilan data kelas II SDN Kebonsari 1 Malang terdiri dari 32 siswa menggunakan perlakuan dengan media Pop – Up Book. Teknik pengumpulan data menggunakan kelayakan atau validasi, kemenarikan produk, angket, hasil belajar. Hasil Presentase validasi ahli media pembelajaran menunjukkan skor persentase 90,79%, validasi ahli materi pembelajaran menunjukkan skor persentase 97,72%. Kemenarikan produk diperoleh dari hasil angket respon siswa yang menunjukan hasil respon siswa sebesar 97,5% dari 32 siswa yang belajar menggunakan media Pop – Up Book, berdasarkan angket guru sebagai pengguna yang mendapatkan skor 95,5%.Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Pop – Up Bookpada materi merawat hewan memperoleh n-gain antara 0,5-1 dengan kriteria sedang dan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa respon siswa sangat positif. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Pop Up Book layak digunakan pada materi merawat hewan. Sangat diharapkan bagi para guru SD dapat mengembangkan diri dalam pemanfaatan dan pengembangan suatu media dalam pembelajaran.
2131965/SB/2019 | KKI Kum 372 p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain