Electronic Resource
Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Panca Bhakti Pampang
Pembelajaran matematika di kelas VII SMP Panca Bhakti Pampang selama ini berlangsung dengan mengunakan metode ceramah. Guru masih dominan dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, Siswa tidak berani mengemukakan ide atau gagasan pada guru dan siwa merasa takut pada guru pelajaran matematika. Hal ini mengakibatkan siswa kurang termotivasi belajar matematika. Rendahnya motivasi belajar siswa tentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu menerapkan model pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah probing-prompting berbasis demonstrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Demonstrasi siswa kelas VII SMP Panca Bhakti Pampang. Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019 di kelas VII SMP Panca Bhakti Pampang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa.
Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar model Probing-Prompting Berbasis Demonstrasi. Di lain sisi pengajar belum maksimal dalam mengimplementasikan Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Demonstrasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran guru yang meningkat yaitu pada siklus I memperoleh prentase 75% pada siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 91,66% sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh prentase 77,77% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%
Berdasarkan analisis dari indikator-indikator motivasi belajar, motivasi belajar sebelum pada siklus I yaitu 2,83% dan siklusII yaitu 3,32%. Peningkatan ini juga terjadi pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas sebelum pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Demonstrasi adalah 56,25% pada siklus I 75%, dan pada siklus II adalah 100%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Panca Bhakti Pampang.
2131958/SB/2019 | KKI 510 PEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain