Electronic Resource
Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemandirian Pengambilan Keputusan Karier Peserta Didik Kelas XI A SMA Negeri 1 Boleng
Persiapan karier yang dibutuhkan siswa adalah ketepatan mengambil keputusan karier dengan melibatkan proses membuat komitmen yang sesuai dengan potensi yang dimiliki untuk dapat melaksanakan tindakan karier yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan kemandirian pengambilan keputusan karier peserta didik. Karena, 1. Peserta didik dapat memperoleh informasi yang berharga dari teman diskusi, 2. membangkitkan motivasi dan semangat peserta didik untuk melakukan suatu tugas, 3. Mengembangkan kemampuan peserta didik dan berfikir kritis, 4. Mengembangkan ketrampilan dan keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapat secara jelas dan terarah, 5. Membiasakan kerjasama diantara peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI A SMA Negeri 1 Boleng dengan kriteria siswa atau individu yang memiliki skor rendah dalam pengambilan keputusan karier sehingga didapatkan dari hasil pretest sebesar 11 siswa yang memiliki skor rendah. Pengumpulan data diperoleh dari pretest-posttest, instrument berupa skala pengambilan keputusan karier, lembar refleksi diri dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan bantuan SPSS For Windows.
Hasil penelitian ini adalah teknik diskusi efektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier peserta didik kelas XI A SMA Negeri 1 Boleng. Hasil uji tes statistic Uji Wilcoxon Zhitung adalah -2.934b dan sig. (2-tailed) adalah 0,003 < 0,05 artinya teknik diskusi efektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier peserta didik kelas XI A SMA Negeri 1 Boleng.
Penerapan teknik diskusi dapat menjadi alternatif bagi praktisi bimbingan dan konseling dalam melaksanakan bimbingan untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier. Penelitian dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain dan juga praktisi bimbingan dan konseling dalam melakukan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pengambilan keputusan karier peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan analisis, dapat disimpulkan bahwa kemandirian pengambilan keputusan karier peserta didik kelas XI A SMA Negeri 1 Boleng meningkat akibat perlakuan diskusi kelompok. Dengan demikian diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan kemandirian pengambilan keputusan karier peserta didik. Serta diharapkan dapat melakukan penelitian lebih luas untuk melihat sejauh mana dalam perkembangan keputusan karier peserta didik.
2131954/SB/2019 | KKI 371.114 BEA k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain