Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Melalui Pendekatan Problem Posing Pada materi Perbandingan

Electronic Resource

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Melalui Pendekatan Problem Posing Pada materi Perbandingan

Delima Mustika Sari - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Nur Farida, M.Pd. - Nama Orang;

Pengamatan dan wawancara dengan guru matematika di SMPK Pancasila Mojorejo, diketahui bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan masih berisi soal-soal yang bersifat monoton dan belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Peneliti mengembangkan LKPD dengan tujuan menghasilkan LKPD melalui pendekatan problem posing pada materi perbandingan yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Pemilihan pendekatan problem posing ini dikarenakan peserta didik dapat berfikir lebih kritis dan lebih aktif dalam pembelajaran terutama pada materi perbandingan yang amat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan khususnya dalam matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis dengan melakukan pengamatan dan wawancara ke sekolah, tahap perancangan dengan merancang LKPD yang dikembangkan mulai dari bagian awal hingga bagian penutup. Tahap pengembangan yaitu validasi LKPD yang oleh validator. Tahap implementasi yaitu ujicoba LKPD pada peserta didik. Tahap evaluasi dilakukan analisis berdasarkan hasil angket validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik SMPK Pancasila Mojorejo.
Hasil analisis data diperoleh kevalidan LKPD mencapai skor rata-rata 3,28 dengan kategori valid, kepraktisan LKPD mencapai skor rata-rata 3,9 dengan kategori praktis, dan Hasil tes LKPD pada peserta didik memperoleh persentase ketuntasan sebesar 67% dengan kriteria “efektif”. Berdasarkan hasil analisis data
disimpulkan bahwa LKPD melalui pendekatan problem posing valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi perbandingan untuk SMP. Peserta didik diharapkan dapat memahami materi dengan baik menggunakan LKPD yang telah peneliti kembangkan. LKPD tersebut dapat digunakan sebagai sarana mengajar bagi guru.


Ketersediaan
2131947/SB/2019KKI 510 SAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 SAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
viii, 81Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
tactile text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
perbandingan
Skripsi
Pendidikan Matematika
Problem Posing
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik