Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Melalui Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Luas Dan Keliling Persegi Panjang
Sustina, Maria Vivi. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik melalui Pendekatan Discovery Learning pada Materi Luas dan Keliling Persegi Panjang. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kanjuruhan Malang.
Pembimbing : (I) Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd., M.Pd. (II) Nur Farida, M.Pd.
Kata Kunci : Pengembangan LKPD, discovery learning, luas dan keliling persegi panjang
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika di SMPK Pancasila Mojorejo, lembar kerja peserta didik (LKPD) yang digunakan peserta didik hanya berisikan soal-soal latihan biasa tanpa ada unsur melibatkan peserta didik dalam kegiatan belajar. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui pendekatan discovery learning pada materi luas dan keliling persegi panjang. Pemilihan pendekatan discovery learning dikarenakan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah, melatih belajar mandiri, lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, karena peserta didik berpikir dan menggunakan kemampuan untuk menemukan hasil akhir. Peneliti mengembangkan LKPD dengan tujuan menghasilkan LKPD melalui pendekatan discovery learning dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap perancangan membahas mengenai kerangka LKPD yang dikembangkan mulai dari bagian awal hingga bagian penutup. Tahap pengembangan yaitu pembuatan LKPD melalui pendekatan discovery learning dengan materi uas dan keliling persegi panjang. Tahap evaluasi dilakukan analisis berdasarkan hasil angket validasi, tes dan angket respon peserta didik. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas VII SMPK Pancasila Mojorejo.
Berdasarkan hasil angket validasi LKPD ahli materi memperoleh rata-rata skor sebesar 3,33 kriteria “valid”. Hasil validasi LKPD ahli pembelajaran memperoleh rata-rata skor sebesar 3,27 dengan kriteria “valid”. Hasil tes LKPD pada peserta didik memperoleh persentase ketuntasan sebesar 78,67% dengan kriteria “efektif”. Angket respon peserta didik yang dilakukan memperoleh ratarata skor sebesar 4 dengan kriteria “praktis”. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa LKPD melalui pendekatan discovery learning pada materi luas dan keliling persegi panjang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai bahan penunjang sumber belajar peserta didik.
2131946/SB/2019 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain