Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Lectora Inspire Dalam Pembelajaran IPA Topik Kekayaan Sumber Energi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Kelas 4 Sekolah Dasar
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Software Lectora Inspire sebagai jembatan dalam pembelajaran IPA, sebab pelajaran IPA harus melalui proses pengamatan secara langsung apa yang terjadi dengan luasnya alam semesta ini. Pelaksanaan pembelajaran IPA guru terbiasa terpaku hanya menggunakan buku pelajaran saja, sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Software Lectora Inspire sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi Kekayaan Sumber Energi dan mengukur kelayakan media yang di kembangkan.
Metode penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan langkah-langkah model ADDIE yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Alat ukur yang di gunakan adalah Tes soal evaluasi di akhir pelajaran, data yang diperoleh kemudian dianalisis deskriptif dan kuantitatif. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai oleh validator ahli media dan ahli materi serta di ukur dengan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan produk yang dikembangkan ini.
Hasil penelitian produk menunjukan, hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi, mendapat nilai 79,5% dapat dikatakan Baik (valid). Hasil belajar siswa kelas IV di SD YBPK Wonorejo setelah belajar menggunakan media Software Lectora Inspire mendapatkan rata-rata 85,90, nilai yang didapat siswa sangat memenuhi kriteria ketuntasan minimal >65. Disimpulkan bahwa siswa sudah memahami materi Kekayaan Sumber Energi. Dengan demikian pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Software Lectora Inspire dapat di kategorikan layak dan dapat di uji cobakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas.
2131941/SB/2019 | KKI 372 UTO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain