Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 2 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 2 Malang

Katarina Daltrik Soma - Nama Orang; Drs. Nawaji, M.Pd - Nama Orang; Drs. Didik Iswahyudi, M.Pd - Nama Orang;

Model pembelajaran Student Teams Achievement Division adalah model pembelajaran kooperatif yang sangat mudah digunakan oleh para pendidik. Menurut Shoimin (2014) Adapun tahap-tahap dalam penggunaan model student teams achievement division yaitu 1) Presentase Kelas (Class presentation),berarti :pada tahap yang pertama setelah guru menjelas materi siswa akan melakukan diskusi yang akan dipandu oleh guru, 2) Kerja kelompok (Teams works), guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 kelompok yang berasal dari berbagai suku dan memiliki kemampuan berbeda dengan tujuan apabila ada kekurang maka anggota kelompok akan saling membantu, 3) Kuis (quizzes), setelah siswa mempresentasekan hasil kerja kelompok, guru akan memberikan beberapa pertanyaan kepada setiap siswa tanpa ada bantuan dari teman lain dan setiap siswa harus bertanggung jawab untuk mempelajari materi yang telah disampaikan oleh guru, 4) Peningkatan nilai individual (Individual Improvement Score), pada tahap ini siswa yang memiliki kemampuan lebih akan membantu siswa yang memiliki kesulitan dalam berdiskusi untuk membantu meningkatkan nilai individu siswa tersebut, 5) Penghargaan kelompok (Team Recognation), kepada kelompok yang mendapatkan skor tertinggi akan mendapatkan penghargaan atau reward.
Meningkatnya hasil belajar dan keaktifan siswa dalam penggunaan model pembelajaran student teams achievement division adalah siswa mampu memahami materi sebaik mungkin, mampu menjawab kuis, dan saling melengkapi kekurangan dalam kelompok sehingga saat guru memberikan test siswa mampu mendapatkan hasil belajar siswa meningkat baik. Instrumen dalam penilaian adalah Tes awal (pre test) dan Test akhir (post test) yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum memberikan perlakuan dan setelah perlakuan, Lembar observasi digunakan untuk mengukur keaktifan dari siswa dengan beberapa item yang sudah dicantumkan skor masing-masing 5, Dokumentasi digunakan untuk pembuktian hasil yang diambil peneliti.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student teams achievement division terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Malang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen desain menggunakan quasi experimental design. Hasil uji t test pada hasil belajar adalah 0,169 > signifikan 0,005 berarti H0 ditolak dan Ha diterima, hasil uji t test keaktifan siswa adalah 0,040 > signifikan 0,005 dalam artian Ho ditolak dan Ha diterima.
Peneliti menyimpulkan dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa ada pengaruh model pembelajaran student teams achievement division terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX SMPN Negeri 2 Malang dengan melihat adanya peningkatan dari hasil post test yang diberikan dan keaktifan dari siswa.


Ketersediaan
2131931/SB/2019KKI 371.114 SOM p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.114 SOM p/s
Penerbit
Malang : PPKn - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
ix, 102Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.114
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Model Pembelajaran STAD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik