Electronic Resource
Pembinaan Budi Pekerti Dalam Upaya Meningkatkan Moral Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi SDN Sukowilangun 03
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembinaan budi pekerti oleh guru untuk meningkatkan moral siswa dan kendala yang dihadapi guru dalam membina budi pekerti untuk meningkatkan moral siswa kelas IV SDN Sukowilangun 03 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa di SDN Sukowilangun 03, yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, pencatatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data (triangulasi) dalam penelitian ini dilakukan melalui triangulasi teknik dan sumber. Tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu studi pendahuluan, pengumpulan data, analisis data, dan evaluasi dan pelaporan.
Kesimpulan penelitian ini yaitu proses pembinaan budi pekerti oleh guru untuk meningkatkan moral siswa dilakukan dengan cara guru secara langsung memberi teladan tentang budi pekerti yang baik kepada siswa di sekolah pada aspek keagamaan (religiusitas), toleransi terhadap sesama, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban, kemandirian, kerjasama dengan orang lain, dan aspek kepedulian lingkungan. Kendala yang dihadapi guru dalam membina budi pekerti untuk meningkatkan moral siswa kelas IV SDN Sukowilangun 03 Malang yaitu ada masih sulit dinasehati, kurangnya kesadaran siswa terhadap tugas dan tanggung jawab serta kurangnya kesadaran untuk disiplin.
2131930/SB/2019 | KKI 372 STY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain