Electronic Resource
Pengaruh Media Color Cards Pada Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui sejauh mana pemahaman matematika materi operasi bilangan bulat kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang dengan menggunakan media Color Cards pada model pembelajaran Team Assited Indiviualization (TAI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV C yang masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Sampel yang diambil dengan teknik nonprobality sampling. Instrumen yang dikumpulkan adalah nilai pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman matematika siswa antara siswa pada kelas eksperimen dengan siswa pada kelas kontrol (thitung 3,667 > ttabel 0,1982) diperoleh rata-rata pemahaman matematika siswa materi operasi bilangan bulat kelas IV yang menggunakan media Color Cards pada model pembelajaran Team Assited Indiviualization (TAI) lebih dari hasil pemahaman matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (81 > 77). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Color Cards pada model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap pemahaman matematika siswa materi operasi bilangan bulat kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Penggunaan media Color Cards pada model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat membuat siswa lebih memahami materi dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran khusunya pada materi operasi bilangan bulat.
2131925/SB/2019 | KKI 372 PUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain