Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A MTS Al Ihsan Jeru Turen
Pembelajaran matematika di kelas VII-A MTs Al-Ihsan Jeru Turen menggunakan metode ceramah yang mengarahkan pada teacher centered. Selain itu, siswa kurang aktif, tingkat berpikir secara individu kurang serta kesadaran dalam merespon suatu permasalahan dan saling bantu satu sama lain rendah. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran yang bervariasi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah jigsaw. Model pembelajaran ini meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A MTs Al-Ihsan Jeru Turen pada materi segitiga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua tindakan. Tindakan 1 dengan materi jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya dan tindakan 2 pada materi keliling dan luas segitiga. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun 2019/2019 dikelas VII-A MTs Al-Ihsan Jeru Turen. Subjek penelitian ini sebanyak 18 siswa. Prosedur pengumpulan data meliputi tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari pratindakan ke tindakan 1 dan tindakan 2. Hal ini dilihat dari presentase hasil observasi aktivitas guru pada tindakan 1 adalah 78,97% dan pada tindakan 2 meningkat menjadi 84,41% dengan kategori baik. Sedangkan presentase hasil observasi aktivitas siswa pada tindakan 1 adalah 77,6% dan pada tindakan 2 meningkat menjadi 84,37% dengan kategori baik. Hal ini juga dilihat dari skor siswa yang memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 72,22% meningkat pada tindakan 1 menjadi 77,77% dan siswa yang mendapat nilai minimal 75 pada tindakan 2 meningkat lagi menjadi 94,44%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari tindakan 1 ke tindakan 2.
Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A MTs Al-Ihsan Jeru Turen. Adapun saran yang peneliti sampaikan sebagai berikut: (1) Guru lebih mengalokasikan waktu dengan baik agar semua tujuan pembelajaran yang direncanakan dapat tercapai. (2) Pada saat diskusi, sebaiknya guru aktif memantau, membimbing, dan memotivasi agar aktivitas siswa berjalan sesuai dengan tujuan yang direncanakan.
2131923/SB/2019 | KKI 510 SOE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain