Electronic Resource
Kajian Konsep Pengajaran Literasi Visual Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Sukun 1 Malang Kec Sukun Tahun Ajaran 2018 2019
Tujuan Penelitian ini” untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis dan mendalam mengenai feomena yang diteliti, serta memperoleh deskripsi yang utuh tentang Kajian konsep pengajaran literasi visual pada pembelajaran tematik di SDN Sukun 1 Malang”
Literasi Visual merupakan Pemahaman tingkat lanjut antara literasi media dan literasi teknologi, yang memanfaatkan materi visual dan audiovisual secara kritis dan bermartabat. Tafsir terhadap materi visual yang setiap hari membanjiri, baik dalam bentuk tercetak, di televisi maupun internet, haruslah terkelola dengan baik. Bagaimanapun di dalamnya banyak manipulasi dan hiburan yang benar-benar perlu disaring berdasar etika dan kepatutan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif subyek penelitian antara lain:Guru wali kelas 1 SDN Sukun 1 Malang dengan melakukan wawancara yang berkaitan dengan bagaimana konsep pengajaran literasi visual pada pembelajaran tematik sebagai wali muridnya.Siswa-siswi kelas 1 SDN Sukun 1 Malang dengan melakukan observasi yang berhubungan dengan konsep pengajaran literasi visual dalam pembelajaran tematik.Data Sekunder, yaitu data yang di peroleh dari pihak lain, tidak langsung di peroleh dari subjek penelitiannya. Dalam penelitian ini data sekunder yang akan digunakan berbentuk data dokumentasi/record, arsip-arsip tertulis, foto-foto kegiatan siswa dalam membaca dan catatan-catatan resmi yang berkaitan dengan konsep pengajaran literasi visual dalam pembelajaran tematik.
Hasil penelitian yang yang diperoleh adalah sebagai berikut. Persiapan guru sebelum pembelajarannya tematik sudah bagus dan konsep pengajarannya juga menggunakan media yang ada disekitar lingkungan sekolah dan berbagai media visual yang ada didalam kelas. Sehingga membuat siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran.
2131907/SB/2019 | KKI 372 FAH k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain