Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Augmented Reality untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Proses Pencernaan Manusia di Kelas V Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pemanfaatan media pembelajaran yang kurang maksimal, belum tersedianya fasilitas pembelajaran berbasis elektronik yang mendukung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran animasi augmented reality yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran guna menumbuhkan minat belajar pada siswa. Metode yang digunakan oleh peneliti pada penelitian pengembangan ini adalah ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Subjek uji
coba sebanyak 29 siswa kelas v sekolah dasar Pringgondani 1 Kab Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket untuk validasi ahli materi, ahli media, praktisi / guru dan angket respon minat siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian validasi ahli materi mendapatkan persentase 92,5% dalam kategori layak atau sangat valid. Penilaian validasi ahli media mendapatkan persentase 88% dalam kategori layak atau valid. Penilaian kepraktisan oleh guru kelas mendapatkan rata-rata persentase 90% dalam kategori valid atau sangat praktis. Penilaian oleh siswa pada uji lapangan mendapatkan persentase 91% dalam kategori sangat baik. Rata-rata penilaian secara keseluruhan mendapatkan persentase 91 % dalam kategori layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memudahkan dalam proses pembelajaran IPA materi proses pencernaan pada manusia.
| 2131889/SB/2019 | KKI 372 SAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain