Electronic Resource
Penerapan Metode Pembelajaran Penerapan Masalah (Problem Solving) Melalui Model Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK PGRI Pakisaji
Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian yang penting untuk dimiliki siswa khususnya dalam penerapan kurikulum 2013 dan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa SMK kelas X karena kurangnya terbiasa siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi karena siswa hanya akan menggunakan hafalan rumus-rumus yang ada dalam buku teks tanpa mengembangkan kemampuan berpikirnya. Hal ini memerlukan sebuah model pembelajaran baru yaitu tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi langkah-langkah penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) melalui model tutor sebaya untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PGRI Pakisaji.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI Pakisaji. SMK PGRI Pakisaji terletak di kecamatan Pakisaji, kabupaten Malang, Jawa Timur. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya siswa dan guru. Prosedur Pengumpulan Data menggunakan tes hasil belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif terdiri atas tiga komponen yaitu reduksi data, penyajiian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan temuan meliputi uji, credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa X SMK PGRI Pakisaji hingga 86%. Hal ini ditunjukan dengan langkap-langkah meliputi orientasi pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing pengalaman individual/kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya melalui tutor sebaya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil belajar siswa meningkat setelah melakukan langkah-langkan metode tutor sebaya yaitu siswa yang pandai membantu siswa yang kurang pandai untuk memahami suatu pelajaran. Adapun beberapa saran bahwa guru matematika disarankan untuk menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan keaktifan siswa sehingga hasil belajar siswa bisa meningkat. Salah satunya bisa menggunakan metode tutor sebaya. Bagi siswa disarankan agar lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman belajar dengan semaksimal mungkin
2131878/SB/2019 | KKI 510 TAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain