Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Pembelajaran Penerapan Masalah (Problem Solving) Melalui Model Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK PGRI Pakisaji

Electronic Resource

Penerapan Metode Pembelajaran Penerapan Masalah (Problem Solving) Melalui Model Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK PGRI Pakisaji

Agustinus Kalego Tana - Nama Orang; Yuniar Ika Putri P., M.Pd - Nama Orang; Drs.Wigyo Winarko,S.T,M.Pd - Nama Orang;

Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian yang penting untuk dimiliki siswa khususnya dalam penerapan kurikulum 2013 dan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa SMK kelas X karena kurangnya terbiasa siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi karena siswa hanya akan menggunakan hafalan rumus-rumus yang ada dalam buku teks tanpa mengembangkan kemampuan berpikirnya. Hal ini memerlukan sebuah model pembelajaran baru yaitu tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi langkah-langkah penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) melalui model tutor sebaya untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PGRI Pakisaji.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI Pakisaji. SMK PGRI Pakisaji terletak di kecamatan Pakisaji, kabupaten Malang, Jawa Timur. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya siswa dan guru. Prosedur Pengumpulan Data menggunakan tes hasil belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif terdiri atas tiga komponen yaitu reduksi data, penyajiian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan temuan meliputi uji, credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa X SMK PGRI Pakisaji hingga 86%. Hal ini ditunjukan dengan langkap-langkah meliputi orientasi pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing pengalaman individual/kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya melalui tutor sebaya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil belajar siswa meningkat setelah melakukan langkah-langkan metode tutor sebaya yaitu siswa yang pandai membantu siswa yang kurang pandai untuk memahami suatu pelajaran. Adapun beberapa saran bahwa guru matematika disarankan untuk menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan keaktifan siswa sehingga hasil belajar siswa bisa meningkat. Salah satunya bisa menggunakan metode tutor sebaya. Bagi siswa disarankan agar lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman belajar dengan semaksimal mungkin


Ketersediaan
2131878/SB/2019KKI 510 TAN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 AGU p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
viii, 158 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Hasil Belajar Matematika
Pendidikan Matematika
Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Model Tutor Sebaya
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik