Electronic Resource
Pengaruh Model Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN Grati 2 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan
Playing) terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Grati 2 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Grati 2 kecamatan Grati yang berjumlah 40 siswa dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 20 siswa dan kelas VB yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data diantaranya menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji instrumen untuk angket adalah Uji validitas dan uji reliabilitas. Uji analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model bermain peran (Role Playing) terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Grarti 2 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Dengan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 67,25 dan kelas kontrol 62,5. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 80,75 dan kelas kontrol 73,25. Analisis data kedua kelas menggunakan uji t (t-test) diperoleh hasil signifikasi (sig) sebesar 0,645 < 0,05 maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model bermain peran (Role Playing) terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Grati 2 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Saran dalam penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran bermain peran (role Playing) siswa bisa mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal).
2131864/SB/2019 | KKI 372 FIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain