Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Pendekatan Realistic Matematic Education (RME) Berbantuan Media Fabel Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika MI

Electronic Resource

Pengaruh Pendekatan Realistic Matematic Education (RME) Berbantuan Media Fabel Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika MI

Miftakhul Rizqi - Nama Orang; Farida Nur Kumala, S.Si.,M.Pd - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa,S.Pd.,M.Pd - Nama Orang;

Permasalah yang ditemukan oleh peneliti pada saat observasi di MIT ArRoihan Lawang pada semester I tahun ajaran 2019/2020 menunjukkan bahwa pada pelajaran matematika materi bangun datar permasalahan yang di temukan oleh peneliti di kelas 2 alexandria yaitu guru yang masih menggunakan pendekatan deduktif. siswa kurang diperhatikan sehingga siswa menjadi pasif, bermain sendiri, dan kurang memahami materi yang dipelajari permasalahn itu menyebabkan hasil belajar yang dicapai siswa kurang memuaskan dan menganggap pembelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Kenyataan yang terjadi itu penguasaan siswa terhadap materi matematika masih tergolong rendah. Tujuan dari peneliti ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendekatan Realistic Matematic Eduaction (RME) Berbantuan Media Fabel Terhadap Hasil Belajar Dalam pada mata pelajaran Matematika MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, bentuk penelitian ini menggunakan quasi experimental semu yang digunakan adalah nonequivalent control grup desain. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas II Cordova dan Alexandria dengan jumlah 45 siswa. Sample yang digunakan yaitu sampling jenuh yang mana semua anggota dijadikan sample. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, RPP, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah , uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis dinyatakan bahwa data pre test diperoleh 0,652 < 0,05 sedangkan post test diperoleh 0,117< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh terhadap kelas yang tidak menggunakan dan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media fabel terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II MIT Ar –Roihan semester I tahun ajaran 2019/2020. Dengan menggunakan penerapan model RME diharapkan siswa lebih mampu memecahkan masalah dikehidupan nyata. Melalui pengajuan permasalah secara nyata hasil belajar siswa meningkat.


Ketersediaan
2131863/SB/2019KKI 372 RIZ p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 RIZ p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xii, 181Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Pendekatan realistic matemathic education
media fabel
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik