Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Berbasis Permainan Pada Muatan Bahasa Indonesia Materi Paragraf Kelas IV Sekolah Dasar

Electronic Resource

Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Berbasis Permainan Pada Muatan Bahasa Indonesia Materi Paragraf Kelas IV Sekolah Dasar

Astri Herarani Putri - Nama Orang; Nury Yuniasih, M.Pd - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, SS., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini berlatar belakang kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif khususnya untuk muatan Bahasa Indonesia pada materi paragraf. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran kartu kuartet berbasis permainan pada muatan Bahasa Indonesia materi paragraf kelas IV, serta mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran kartu kuartet berbasis permainan pada muatan Bahasa Indonesia materi paragraf kelas IV.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE dengan menggunakan 4 tahapan yang terdiri dari: (1) Tahap
analyze, (2) Tahap design, (3) Tahap development, (4) Tahap implementation. Subjek uji coba produk media ini meliputi validator ahli materi dan validator ahli
media untuk mengukur, Subjek uji coba pada guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Banjararum Singosari Kabupaten Malang untuk mengukur kepraktisan.
Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data lembar angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran ini telah melalui tahapantahapan sistematis penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi memperoleh nilai rata-rata 95,8% dengan kategori kelayakan sangat tinggi dan pada validator ahli media memperoleh nilai rata rata 92,5% dengan kategori sangat tinggi, hasil angket oleh guru memperoleh 95,4% dengan kategori sangat praktis, serta uji coba terbatas pada siswa kelas IV memperoleh 92,7% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran Kartu kuartet layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran muatan Bahasa Indonesia pada materi paragraf kelas IV SD Negeri 2 Banjararum Singosari Kabupaten Malang.


Ketersediaan
2131854/SB/2019KKI 372 PUT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 PUT p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 79Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Bahasa Indonesia
Media Pembelajaran
Skripsi
Kartu Kuartet
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik