Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Berbasis Permainan Pada Muatan Bahasa Indonesia Materi Paragraf Kelas IV Sekolah Dasar
Penelitian ini berlatar belakang kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif khususnya untuk muatan Bahasa Indonesia pada materi paragraf. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran kartu kuartet berbasis permainan pada muatan Bahasa Indonesia materi paragraf kelas IV, serta mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran kartu kuartet berbasis permainan pada muatan Bahasa Indonesia materi paragraf kelas IV.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE dengan menggunakan 4 tahapan yang terdiri dari: (1) Tahap
analyze, (2) Tahap design, (3) Tahap development, (4) Tahap implementation. Subjek uji coba produk media ini meliputi validator ahli materi dan validator ahli
media untuk mengukur, Subjek uji coba pada guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Banjararum Singosari Kabupaten Malang untuk mengukur kepraktisan.
Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data lembar angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran ini telah melalui tahapantahapan sistematis penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi memperoleh nilai rata-rata 95,8% dengan kategori kelayakan sangat tinggi dan pada validator ahli media memperoleh nilai rata rata 92,5% dengan kategori sangat tinggi, hasil angket oleh guru memperoleh 95,4% dengan kategori sangat praktis, serta uji coba terbatas pada siswa kelas IV memperoleh 92,7% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran Kartu kuartet layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran muatan Bahasa Indonesia pada materi paragraf kelas IV SD Negeri 2 Banjararum Singosari Kabupaten Malang.
2131854/SB/2019 | KKI 372 PUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain