Electronic Resource
Efektivitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Sekolah Di SMK Negeri 7 Malang
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang peneliti lakukan terhadap siswa kelas X SMK NEGERI 07 Malang, menunjukkan bahwa 10 siswa masih memiliki tingkat kecemasan yang tinggi. Tingkat Kecemasan yang tinggi dapat menghambat perkembangan siswa dalam mengekspresikan perasaan mereka serta dapat mengakibatkan misscommunication saat berinteraksi dengan orang sekitar. Maka dari itu, pengurangan kecemasan siswa sangat diperlukan bagi siswa SMK NEGERI 07 Malang Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektivan teknik relaksasi untuk mengurangi kecemasan siswa kelas X SMK NEGERI 07 Malang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Quasi Experiment, jenis one group pretest and posstest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah10 siswa dari kelas X SMK NEGERI 07 Malang. Yang dipilih dengan teknik instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Kecemasan. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon yang perhitungannya menggunakan program SPSS 22.0 for Windows.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai Pre-test dan Post-test. Tingkat penurunan kecemasan siswa dapat dilihat dari rata-rata skor 10 siswa dalam pretest adalah 100 kategori tinggi, sedangkan posttest setelah diberikan treatment menggunakan teknik relaksasi adalah 85,1 kategori rendah. Berdasarkan uji wilcoxon antara pretest dan posttest menghasilkan nilai signifikan (2-tailed) yaitu 0,046 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Jadi ada perbedaan antara sebelum pemberian treatment dan setelah pemberian treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik Relaksasi efektif untuk mengurangi kecemasan siswa kelas X SMK NEGERI 07 Malang.
Peneliti mengharapkan semoga teknik relaksasi menjadi media bimbingan konseling di sekolah agar dapat membantu siswa dalam mengurangi kecemasan siswa, serta memberikan layanan bimbingan lainnya yang lebih bervariasi sehingga dapat Mengurangi Kecemasan siswa.
2131843/SB/2019 | KKI 371.4 KRI e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain