Electronic Resource
Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Tematik Kelas III B Di SDN Kebonsari 3 Kota Malang
Pembelajaran tematik digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mensiasati kurikulum yang padat dan muatan kegiatan yang banyak dengan berbagai mata pelajaran, sehingga pada pembelajaran tematik ini perlu adanya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif terutama model pembelajaran Talking Stick ini dapat mendorong siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang diberikan model Talking Stick dan yang tidak diberikan model Talking Stick pada pelajaran tematik kelas III B di SDN Kebonsari 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Pre-eksperimental Design berupa kelompok One Group Pretest Posttets Design yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa adanya kelompok pembanding. Pada desain ini menggunakan Pretest sebelum perlakuan yang Posttest sesudah perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas III B SDN Kebonsari 3 Kota Malang dengan jumlah 32 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu sampel sederhana dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata. Berdasarkan dari hasil analisis, hipotesis penelitian ini telah terjawab yakni bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas III B di SDN Kebonsari 3 Kota Malang. Hal ini ditunjukkan dari Uji Hipotesis dengan menggunakan Paired Sample T-test dengan taraf signifikansi 5%, menunjukkan bahwa nilai sig. 2 (tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, berarti adanya perbedaan sebelum dan sesudah diberikan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik yang menerapkan dan tidak diterapkan model pembelajaran Talking Stick. Dalam hal ini diharapkan model-model pembelajaran yang menarik dan bervariasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa akan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
2131828/SB/2019 | KKI 372 LUD e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain