Electronic Resource
Efektivitas Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Randuagung 03 Singosari Tahun 2016 2017
Ketercapain hasil belajar tidak semata-mata didapatkan dengan mudah. Selain proses pembelajaran yang baik, dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Ada faktor yang dapat diubah (seperti: cara mengajar, mutu rancangan, model evaluasi, dll). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat digunakan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Persegi dan Persegi Panjang Siswa kelas III SDN 03 Randuagung Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.
Jenis penelitian menggunakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Randuagung 03 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang sebanyak 59 siswa. Teknik pengambilan data melalui tes berupa nilai pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji T dengan bantuan software SPSS versi 22.00 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa :
1. Nilai t sebesar 0,53 untuk kelas kontrol pada siswa yang tidak diberikan model pembelajaran Picture and Picture.
2. Nilai t sebesar 0.000 untuk kelas eksperimen pada siswa yang diberikan model pembelajaran Picture and Picture. Sesudah penerapan pembelajaran memiliki signifikan sebesar 000 yang berarti lebih kecil dari signifikan 0,05 hal ini membuktikan bahwa terdapat efektifitas yang signifikan antara model pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Persegi dan Persegi Panjang Siswa kelas III SDN Randuagung 03 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture yaitu metode pembelajaran yang bercirikan aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan.
2131824/SB/2019 | KKI 372 PRA e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain