Electronic Resource
Peran Pendidikan Multikultural Dalam Penanaman Sikap Toleransi Peserta Didik Di Kelas VII SMP Negeri 2 Bululawang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan multikultural dalam penanaman sikap toleransi peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Bululawang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bululawang mulai dari tanggal 18 sd 23/2019 dengan sampel 9 0rang anak SMP Negeri 2 Bululawang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti mengambil data dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik wawancara yaitu dalam mendeskripsikan data yang peneliti peroleh dari informan. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran PendidikanMultikultural Dalam Penanaman Sikap Toleransi Peserta Didik Di Kelas VII SMP Negeri 2 Bululawang. Di dalam memaknai toleransi ini terdapat dua penafsiran tentang konsep tersebut. Pertama, penafsiran negatif yang menyatakan bahwa toleransi itu cukup mensyaratkan adanya sikap membiarkan dan tidak menyakiti orang atau kelompok lain baik yang berbeda maupun sama. Dan dari situ kita diminta untuk mencintai, menghormati, menghargai seta saling menerima perbedaan yang ada. Dalam hal ini saya mengambil judul dengan tema “Peran Pendidikan Multikultural Dalam Penanaman Sikap Toleransi Peserta Didik Di Kelas VII SMP Negeri 2 Bululawang” karena Jadi, dapat disimpulkan bahwa toleransi itu sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari, karena hidup dalam sebuah lingkungan harus memiliki rasa solidaritas terhadap sesama, baik bertoleransi dalam keluarga, lingkungan masyarakat dan juga lingkungan pendidikan. Dalam Peran Pendidikan Multikultural Dalam Penanaman Sikap Toleransi Peserta Didik Kelas VII Di SMPN 2 Bululawang secara keseluruhan harus berprinsip sesuai proses pendidikan karena sebetulnya proses pendidikan itu ada 3 prinsip dan harus dilaksanakan.
2131822/SB/2019 | KKI 371.114 SET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain